Langsung ke konten utama

STUDI TUR KE BALI 2013

Mulai hari Jumat 5 Oktober 2013, s.d. 7 Oktober 2013, kami, taruna-taruni SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember angkatan XIII melaksanakan studi tur ke Pulau Bali. Kami berkumpul di SMK mulai pukul 17.00 WIB. Sambil menunggu bus datang, kami mengisi daftar hadir, menerima pembagian topi taruna dan mamiri, sekaligus sholat berjamaah. Ternyata bus yang dijadwalkan datang pukul 18.00, baru nongol di SPBU Puger pukul 20.00. Untungnya kami sudah diingatkan oleh para guru untuk mengisi perut terlebih dahulu. Jadinya, ya tidak terlalu lapar, lah…

Perasaan kami sangat senang. Mengingat dua bulan terakhir ini SMK dipenuhi kegiatan yang membuat kami lumayan capek. Mulai dari LDDK dan MOS, pelantikan, gerak jalan TAJEM, sampai dengan ujian tengah semester. Refreshing gitu, deh… Pada studi tur tahun ini, jumlah taruna-taruni yang ikut serta berjumlah 125 orang. Sepertiga kali lebih banyak daripada tahun lalu. Maka dari itu, panitia juga menyiapkan 1 tambahan armada bus. Jadi semua tiga bus.

Pukul 20.30 bus meninggalkan Jember sampai di pelabuhan Ketapang pukul 00.30. seharusnya, sebelum pukul 06.00 kami sudah sampai di masjid Sanur Beach. Namun karena di jalan ada beberapa kendala jadi kami baru menginjakkan kaki di Sanur pukul 07.00. Sejenak menikmati pemandangan pantai dan sarapan, kami langsung bersiap-siap ke Benoa.
Kami tiba di pelabuhan Benoa pukul 10.00 WITA. Rombongan pun dibagi dua. Taruna jurusan NKPI dan TKPI berkeliling di sekitar pelabuhan Benoa, tempat taruna kelas XII saat ini sedang praktik berlayar kemudian berlanjut ke kantor Asosiasi Tuna Longline Indonesia (ATLI) sedangkan taruni jurusan TPHP menuju PT Bandar Nelayan yang letaknya berdekatan dengan kantor ATLI. Para taruna NKPI dan TKPI mempelajari proses bongkar muat ikan di kapal-kapal sekitar pelabuhan sedangkan para taruni TPHP mempelajari proses pengolahan ikan hingga pembuatan produk-produk perikanan.

Puas mendapat kucuran pengetahuan dari Benoa, kami pun melanjutkan perjalanan ke pantai Kuta sekaligus makan siang. Setelah itu rombongan lanjut lagi ke pantai Tanah Lot. Capek kami lumayan terbayar sesampai di pantai ini. Kami masih mendapat kesempatan menyaksikan matahari terbenam meski hanya sebentar. Sebelum makan malam pun banyak dari kami menyempatkan diri belanja oleh-oleh dan souvenir di toko-toko sekitar pantai.

Bus mulai meninggalkan Bali sekitar pukul 19.00 WITA dan rombongan sampai di Jember pukul 03.00. Sebagian dari kami ada yang menginap dulu di SMK, dan sebagian yang lain dijemput orang tua.

Postingan populer dari blog ini

KEGIATAN TRY OUT UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) KE-1  DI SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER

MPLS dan LDDK SMK Perikanan dan Kelautan Puger Hari Ke 21

MPLS dan LDDK SMK Perikanan dan Kelautan Puger Hari Ke 21 Kegiatan menginap ruang Marlin dan Tuna Sholat malam ruang Marlin dan Tuna

Praktik Kerja Lapang DRBK

Praktik Kerja Lapang Kompetensi Keahlian Desain dan Rancang Bangun Kapal (DRBK) Praktik Kerja Lapang berikutnya adalah Kompetensi Keahlian Desain dan Rancang Bangun Kapal (DRBK) pada tahun ajaran 2018/2019. Sebelum keberangkatan, kegiatan PKL untuk kompetensi keahlian desain rancang bangun kapal juga mendatangkan wali murid untuk diberikan pengarahan mengenai detail kegiatan PKL yang akan tersebar di beberapa perusahaan, yaitu  PT PAL Indonesia Persero,  PT Adiluhung Saranasegara Indonesia,  PT ORELA Shipyard,  PT DUMAS Tanjung Perak Shipyard, dan  PT Terafulk Megantara Design  Kegiatan ini dilaksanakan pada 26 April 2019.  Without training, they lacked knowledge. Without knowledge, they lacked confident. Without confident, they lacked victory. - Julius Caesar Rapat wali taruna persiapan PKL PT PAL Indonesia Persero Persiapan pemberangkatan Gelombang ke-2 Serah terima PT Adiluhung Saranasegara Indonesia Serah terima PT DUMA